Jumat, 05 April 2013

DESAIN KEMASAN PRODUK UNTUK PENINGKATAN NILAI JUAL PRODUK HASIL PERTANIAN



DESAIN KEMASAN PRODUK UNTUK PENINGKATAN NILAI JUAL PRODUK HASIL PERTANIAN

Oleh
DENNY TRI KUSWANTORO
121510501049

Abstrak
            Dengan wilayah pertanian yang luas, Indonesia merupakan penghasil produk pertanian terbanyak di dunia. Untuk meningkatkan nilai jual produk hasil pertanian banyak cara yang bisa dilakukan salah satunya dengan pengemasan. Kemasan merupakan salah satu faktor promosi yang paling efekif untuk menarik konsumen agar membeli produk yang kita jual. Daya tarik terhadap produk yang kita jual tertuju pada kemasan yang baik dan sesuai dengan produk yang kita jual. Desain kemasan merupakan salah satu hal yang penting pada saat kita memproduksi barang khususnya produk pertanian, dalam mendesain kemasan kita perlu memperhatikan barang yang akan dikemas dan mempertimbangkan faktor-faktor dalam proses pengemasan.
Kata kunci : Kemasan, desain,  produk hasil pertanian.

Pendahuluan
            Indonesia merupakan negara agraris dengan wilayah pertanian yang luas. Dari wilayah pertanian yang luas maka produk hasil pertanian juga sangat melimpah, agar produk hasil pertanian dapat dipasarkan dengan baik maka diperlukan cara-cara untuk meningkatkan harga jual produk pertanian. Cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan harga jual produk pertanian yaitu dengan mengolah produk dan mengemasnya.
            Secara harafiah, fungsi kemasan adalah pelindung barang (produk) dari berbagai kerusakan dan agar mudah dibawa atau ditata. Namun seiring munculnya beragam produk dan merk, kemasan dijadikan media untuk alat komunikasi secara visual dan penanda sekaligus pembeda (Djatmko, 2007).
Pembahasan
            Pengemasan dapat didefinisikan sebagai seluruh kegiatan merancang dan memproduksi wadah atau bungkus suatu produk. Kemasan meliputi tiga hal yaitu merek, label, dan kemasan itu sendiri.
Ada tiga alasan utama yang melatar belakangi untuk melakukan pengemasan, yaitu:
a.       Kemasan dapat melindungi produk yang dikemas dalam perjalanan dari produsen ke konsumen.
b.      Melalui kemasan identifikasi produk menjadi lebih efektif dan dapat mencegah tertukar dengan produk yang lain.
c.       Kemasan diharapkan dapat meningkatkan keuntungan perusahaan, dengan kemasan yang menarik dapat memikat perhatian konsumen.
Kemasan merupakan salah satu bagian dari desain komuniksi visual yang
menuntut banyak pertimbangan dalam  proses pembuatannya. Selain mempertimbangkan faktor estetis dan fungsionalnya dalam mendisain kemasn juga harus memikirkan bagaimana kemasan yang dibuat agar dapat menarik konsumen (Nugroho, 2006).
Secara umum fungsi kemasan yaitu:
a.       Melindungi dan mengawetkan produk.
b.      Sebagai identitas produk.
c.       Meningkatkan efisiensi pada saat pengangkutan barang.
d.      Memberikan nilai tambah pada produk yang dipasarkan.
Pada dasarnya kemasan produk yang menarik memberikan nilai tambah
pada produk yang akan dipasarkn. Konsumen lebih tertarik membeli suatu produk karena kemasn yang enak dipandang (eye catching) messkipu kualitas produknya biasa-biasa saja.
            Kemasan yang baik dan akan digunakan untuk memasarkan suatu produk harus mempertimbangkan beberapa faktor yaitu:
-        Faktor pengamanan
-        Faktor ekonomi
-        Faktor pendisribusian
-        Faktor komunikasi
-        Faktor ergonomi
-        Faktor estetika
-        Faktor identitas
-        Faktor promosi
-        Faktor lingkunagan
Kunci utama untuk membuat sebuah desain kemasn yang baik adalah kemasan tersebut harus simple (sederhana), fungsional, dan menciptakan respon emosional positif dari konsumen. Dengan kemasan yang baik dan menarik akan membuat konsumen membeli barang yang kita jual  (Djatmiko, 2007).

DAFTAR PUSTAKA
Djatmiko, Heru.2007.Desain Produk  Kemasan Pupuk. Fakultas Pertanian
Universitas Jember.
Nugroho BT. 2006. Menambah Daya Tarik Melalui Keindahan. (Online).

1 komentar:

  1. Desain kemasan merupakan faktor penting dalam menunjukan brand, Bagi orang yang tidak banyak mengerti desain, saya biasanya menggunakan jasa desain kemasan berkualitas dan murah Sribu biasa anda pilih sebagai referensi.

    BalasHapus